1. UML (Unified Modeling Language)
Menurut
Martin Fowler (2005:1) Unified Modeling
Language (UML) adalah keluarga
notasi grafis yang didukung oleh meta-model tunggal, yang membantu
pendeskripsian dan desain sistem perangkat lunak, khususnya sistem yang
dibangun menggunakan pemrograman beroreantasi objek (OO).
2. Use Case Diagram
Menurut
Aminudin (2014:10) Use Case Diagram adalah Gambaran graphical dari beberapa atau semua
actor ,use case, dan interaksi diantara komponen-komponen
tersebut yang memperkenalkan suatu sistem yang akan dibangun.
3. Activity
Diagram
Menurut Martin Fowler (2005:163) Activity diagram adalah teknik untuk menggambarkan logika
prosedural, proses bisnis, dan jalur kerja. Dalam beberapa hal, diagram ini
memainkan peran mirip sebuah diagram alir, tetapi perbedaan prinsip antara
diagram ini dan notasi diagram alir adalah diagram ini mendukung behavior
paralel.
4. Class
Diagram
Menurut
Aminudin (2014:11) Class diagram adalah Diagram yang menunjukan
class-class yang ada dari sebuah sistem dan hubungannya secara logika,class
diagram menggambarkan struktur statis dari sebuah sistem.
5. Sequence Diagram
Menurut Martin Fowler
(2005:212) Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di
sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang
digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal
(waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram
biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkahlangkah yang
dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu..